Curhatan Setelah Mimpi



Tadi malem aku mimpi ke kalimongso, suatu daerah di pinggiran kota yang selalu kebanjiran pas musim hujan. Bagi para sepatu yang berani menerjang ombak, mereka semua akan basah hingga airnya meresap ke kaos kaki. kemudian mereka bersorak melangkah dengan tubuh terhuyung-huyung dibawa ke dalam kelas, sampai akhirnya harus dijemur di bawah meja beramai-ramai. Dalam mimpi, aku selalu bertemu sosok yang sama hampir setiap hari. ya, mereka yang selalu ada di sisi. Haha. Fyi, dunia aku kayak berhenti ngeliat sesuatu yang baru. Jadi tiap malem, mimpi-mimpi aku cuma seputar anak-anak yang selalu ada disamping aku, sering mimpi lagi di kelas, diajarin dosen sambil deg-degan, kadang mimpi wisuda, kadang mimpi running man, terus sekelompok sama lee kwang soo, kadang juga kim jong kook. Sejak saat itu aku tahu sesuatu, mimpi adalah bunga tidur. Udah tau ya? Yaudah.

Kenapa aku cuma mimpi orang-orang itu? Karena dunia aku berhenti di liburan natal ini.  Aku jadi anak kamar yang susah keluar kayak kelelawar takut siang. aku ga suka ketemu beberapa orang, eh enggak ding, lebih tepatnya aku ngga suka ketemu orang-orang.  Penyakit sosial aku kambuh lagi akhir-akhir ini.

Orang-orang disekitar aku berkata dengan muka garang, “Ika harus keluar kamar!”,
tapi kemudian aku berkata dengan rambut yang berterbangan, “Jangan berkata seolah kamarku haram!”   *receh banget guyonan lo ka*
bagi beberapa orang disini, hal-hal yang haram adalah anjing, babi, kodok, dan kamar gue.

Alkisah, Aku jadi jarang buka wa dan jarang buka sms ((soalnya ga ada yang sms)). Tapi kemarin ada 5 pesan dan 1 panggilan tak terjawab terpampang di desktop smartphone aku. 2 dari operator indosat, dan 3 pesan lain + 1 panggilan tak terjawab dari nomor yang ngga pernah aku simpen, tapi nomor tersebut selalu bisa aku hafal setiap digit angkanya. Tapi aku menutup smartphone tersebut dan meninggalkannya sendirian, dia terabaikan. 

Malamnya, dia masuk ke mimpi aku.  Aku jalan di depan warung bu boni, terus nyapa dia, eh aku dikacangin sama si kampret. Itulah awalnya aku mulai percaya adanya karma.

Oke, kita cerita dia dulu aja ya sambil ngasih wejangan cinta. Dia ini sahabat baik aku. Dia adalah orang paling nyaman sedunia yang akan ngedengerin setiap cerita seneng, galau, atau lelucon horror sambil cekikikan. Dia orang yang bisa menanggapi semua cerita dengan baik dan kamu akan selalu punya keinginan untuk menceritakan  segalanya. Susahlah nyari orang sejenis dia. Kadang emang aku agak benci sama dia, sedikit. Dulu banyak.

Emang orangnya gitu, akhir-akhir ini dia galau sama pacarnya. Ya gitu nyebelinnya, udah punya pacar tapi curhatnya ke orang lain. Salah ngga sih kalo kalian udah punya pacar terus curhat ke orang lain? Jawaban paling bijak adalah salah, terutama kalo temen curhat kamu lawan jenis. Kamu kira orang lain tadi bisa lebih ngertiin kamu? Belum tentu. Lebih bikin nyaman? Lah kamu pacaran sama dia ga ngerasa nyaman? Minta saran? Ah banyak orang di dunia ini yang sok tahu, mengasumsikan sesuatu dengan mudah kayak aku, jangan gampang percaya. Nyari sudut pandang yang lain? Buat apa? Yang ngejalain itu kalian berdua. Mending diselesain berdua dulu , kalo perlu putus dan tidak merasa cocok, maka segeralah putus, kalo masih bisa dipertahankan, maka pertahankanlah. Jangan selingkuh dan mengatasnamakan hubungan adek kakak atau temen curhat yak.

Carilah teman curhat yang bener-bener deket sama kamu, bisa dipercaya, ga suka cerita gossip ini itu ke orang lain, dan kalo bisa jangan yang  lawan jenis. Takutnya, kamu malah lebih merasa nyaman sama temen curhat kamu dari pada pacar kamu sendiri, terus cemburu, dan akhirnya putus, kemudian nyeritain jeleknya mantan ke banyak orang. Coba bayangin nih, kalo kamu udah nikah, terus suka curhat ke suami orang, kan nyebelin. 

Boleh sih curhat ke lawan jenis, tapi orang yang cerita sama yang ngedengerin ngga usah baper. Nggak usah memprovokasi dan memperumit suatu masalah menjadi masalah yang baru. Belum tentu loh yang lagi curhat ke kamu itu curhatnya cuma ke kamu doang, bisa jadi, juga ke orang lain. Jadi jangan gampang keperangkap sama curhatan orang ya, hati-hati.  Apalagi kalo ada yang pake embel-embel, “jangan cerita ke siapa-siapa ya, ini cuma kamu aja yang aku certain. Sumpaah.”
Dasar pikolo ijo.

Tapi sahabat aku ini orangnya baik banget, suka beliin martabak *suka disogok martabak*. Coba kalo dia bukan tukang curhat ke orang lain, mungkin dia cocok banget jadi suami idaman kalian semua.  Ah tapi jangan patah hatilah para kaum yang nggak suka ngasih martabak, aku mah omnivora pemakan segalanya. *lah siapa yang mau beliin elo Ka*

Tapi aneh, aku jadi susah cerita ke orang, padahal aku lagi butuh temen cerita. Aku bahkan nggak bisa cerita ke sahabat aku yang diatas, entah kenapa. Nggak semua hal bisa disampein ke sembarang orang, nggak segampang itu buat memahami situasinya, dan nggak semudah itu menerima tanggapan serta efek-efeknya.

Tapi akhir-akhir ini aku jadi orang yang nyebelin kalo dichat sama siapa aja. Maapin ya arzak, nanti kalo udah waktunya, pasti chat kamu aku bales. Hehe. Maapin juga ya vinny, putri gendut, mora, kikik, oriz, satya, awanda, udin dll yang chatnya masih terabaikan karena aku lagi males buka wa atau bbm tapi rajin banget buka ask fm. 

Kalau diliat-liat, mungkin aku sedang lelah berteman dengan realita, sedang tidak suka berkhayal ria, sedang kenyang dengan suara-suara dari ruang kepala sendiri yang terwujudkan oleh mimpi di malam hari, sedang bergumam kenapa harus sekarang? Kenapa tidak dari dulu? Kenapa dia begitu? Tidak begini? Kenapa saya? Tidak dia? Kenapa aku cantik? Tidak jelek?  Oke. Maap.

Ada yang bilang bahwa  Tuhan tidak akan membawamu pergi sejauh ini untuk hal yang sia-sia. Aku tau tidak ada hal yang kebetulan. Semua terjadi karena ada suatu pelajaran yang  ingin Ia berikan. Tuhan selalu disini, Ia telah menuliskan sebuah buku cerita yang entah bagaimana akhirnya nanti. Percayakanlah kepada Tuhan disaat semua orang tidak bisa dipercaya, ceritakanlah segala sesuatu kepada-Nya ketika semua orang tidak lagi bisa diajak bercerita.

Hikmah tulisan amburadul saya diatas adalah : tidak ada.

Jika kamu ingin bercerita kepada saya, maka sering-seringlah datang ke mimpi saya.



NB:
ada seorang kandidat lawan jenis yang pengin aku ajak cerita sejak dulu, tapi aku masih butuh waktu. jangan patah hati, itu mungkin kamu. jangan cerita ke siapa-siapa ya, ini cuma kamu aja yang aku certain. Sumpaah.

(dipostingan berikutnya, aku bakal nulis dongeng khusus buat hassyati, dika sama mora yang udah buatin aku cerita khusus yang ada aku di dalem blognya)

*btw kok spoiler sih? Pertanda apa ini?

*pertanda ga bakalan update dalam waktu dekat sih ._.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepada Kamu

Entah Apa Judulnya